Tuesday, May 16, 2017

Pria Asal Inggris Berhasil Menghentikan Virus WannaCry

     Setelah beberapa hari yang lalu telah terjadi penyerangan Ransomeware WannaCry, dan sekarang sudah ada yang bisa menghentikan virus tersebut, kita turut berterima kasih terhadap pria asal inggris tersebut yang telah berhasil menghentikan penyebaran ransomeware wannacry tersebut.

     Seorang pria berusia 22 tahun secara tak sengaja menjadi "pahlawan" karena berhasil menghentikan penyebaran ransomware bernama WannaCry.

     Pemuda dengan nama MalwareTech seorang ahli komputer yang belajar secara otodidak ini hanya mengungkapkan sedikit informasi mengenai identitas aslinya.

     "Saya tidak lulus kuliah. Saya berencana masuk perguruan tinggi, tapi kemudian mendapatkan tawaran pekerjaan setahun sebelumnya dan saya menerimanya. Saya benar-benar belajar secara otodidak," tutur MalwareTech, Senin (15/5/2017).





     Tidak seperti sejumlah geek lain yang sering mengunggah strategi peretasan terbaru, MalwareTech justru menyedot perhatian publik berkat jasanya yang berhasil menghentikan serangan cyber internasional WannaCry yang menyerang ratusan negara.

     Sampai sekarang ini, MalwareTech tetap menjadi anonymous karena ia tidak ingin seorang pun tahu identitas aslinya. Bukan hanya risiko keamanan karena telah menghalangi kejahatan internasional, tapi ia juga diyakini berhubungan dengan pekerjaannya sebagai ahli malware di sebuah perusahaan Amerika Serikat (AS).

     Setelah serangan ransomware mulai menyerang sejumlah Rumah Sakit (RS) Inggris pada Jumat malam (12/5/2017)lalu , ia mengaku tidak tidur selama 48 jam. Bersama dengan teman-teman online-nya, MalwareTech berperan pentng dalam melawan Wannacry. Mereka mengidentifikasi "kill switch', yang menghentikan penyebaran software berbahaya tersebut.

     "Pekerjaan saya adalah untuk mencari berbagai cara melacak dan menghentikan botnet dan segala jenis malware lainnya, jadi saya selalu mencari cara untuk mengambil domain server kontrol malware yang tidak terdaftar. Sebenarnya saya mendaftarkan beberapa ribu domain semacam itu pada tahun lalu," tutur MalwareTech.

     Pengetahuan itulah yang akhirnya membantunya menghentikan malware WannaCry. Semuanya terjadi secara tidak sengaja, saat menemukan sebuah nama domain di dalam malware tersebut.

     "Saat itu, saya tidak sadar mendaftarkan domain yang akan menghentikan malware sampai saya mendaftarkannya. Awalnya ini tidak sengaja. Jadi saya hanya bisa menambahkan (keterangan) 'tidak sengaja menghentikan serangan cyber internasional' pada resume saya," ungkap MalwareTech.
Share:

1 comment:

Followers